[NOMINEE] 'De Nada', Sebuah Warna Baru Kolaborasi JFlow dan Denada
Published 12 April 2018 by Guntur Merdekawan

Kapanlagi.com - Hip-hop dalam beberapa waktu terakhir ini mulai naik lagi ke permukaan musik Tanah Air. Tak heran jika banyak rapper yang mulai berani menunjukkan taringnya, seperti salah satunya JFlow. Rapper bernama asli Joshua Matulessy itu selalu menghadirkan ide dan juga karya-karya fresh yang membuat namanya dengan mudah merebut hati pecinta musik.

Salah satu karya JFlow yang ramai jadi bahan perbincangan baru-baru ini adalah De Nada. JFlow merekrut Denada sebagai rekan duet, sekaligus DJ bernama JEIA di single yang rilis pada September 2017 itu. Hasilnya? luar biasa! Saat ini total view dari video klip yang diunggah di Channel Youtube JFlow Official sudah mencapai angka 1,7 juta.

De Nada sempat viral di media sosial, terlebih karena ada akun gosip yang mengunggah aksi Denada di dalam video klipnya. Namun selain karena kontroversi itu, secara general De Nada adalah sebuah single hip hop yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Berikut adalah beberapa highlight point dari De Nada karya JFlow Feat JEIA dan Denada itu:

1. Beat Yang Danceable

Lagu hip-hop modern saat ini cenderung lebih mengedepankan tempo dan beat musik yang asik buat ajeb-ajeb atau ngedance. Hal itu pula yang jadi kekuatan utama dari De Nada. JFlow sengaja merekrut DJ JEIA yang menurutnya bisa memberikan beat enerjik untuk lagunya tersebut. Hasilnya? Sukses besar!

'De Nada' danceable banget! / Credit: Youtube - Official JFlow

Di sepanjang lagu berdurasi 3 menitan itu, kalian bakal menemui banyak momen vocal pause, di mana Denada dan JFlow berhenti bernyanyi. Hal itu dilakukan guna memberikan spotlight lebih ke beat musik yang danceable banget. Kalau kalian dengerin, dijamin kepala dan tubuh nggak bisa diem deh!

2. Colorful Visual

JFlow merilis single De Nada sekaligus dengan video klipnya. Dan strategi itu terbukti ampuh. Single ini malah sukses menarik publik berkat klipnya terlebih dahulu. Barulah setelah orang-orang penasaran dengan klip-nya, mereka mulai keracunan oleh musiknya.

Tema sub-urban street di klip 'De Nada' / Credit: Youtube - Official JFlow

Tema visual yang diusung oleh JFlow pada klip De Nada adalah colorful sub-urban dan street. Baik pemilihan lokasi, properti, outfit para dancer, semua sengaja dibuat agar penuh dengan varian warna yang cerah. Intinya, nonton video klip De Nada itu seakan-akan seperti nonton video klip Hip Hop penyanyi Hollywood.

3. Denada Back to Rap

Keputusan JFlow untuk merekrut Denada sebagai teman duetnya sempat mengundang tanda tanya. Seperti diketahui, wanita berdarah Batak itu dulunya memang seorang rapper. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Ia lebih fokus pada musik pop dan juga dangdut.

Indonesian Queen of Rap / Credit: Youtube - Official JFlow

But well, comeback Denada untuk ngerap ini jadi sebuah kejutan tersendiri. Ibu satu anak itu tampil sangat all out dan kembali membuktikan jika dirinya adalah rap queen-nya Indonesia. Bahkan tak sedikit yang membandingkan gaya rap Denada dengan Nicky Minaj.

4. Denada Twerking

Kenapa De Nada sempat masuk akun gosip? Karena dance Denada yang dianggap kontroversial. Ya, wanita berusia 39 tahun itu memang dengan berani menunjukkan aksi twerking yang sangat luwes di beberapa part video klip De Nada.

Twerking Denada bikin heboh / Credit: Youtube - Official JFlow

Jika twerking sudah jadi hal yang sangat biasa di industri musik Hollywood, beda ceritanya dengan di Indonesia. Masih banyak yang menyebut jika apa yang ditunjukkan Denada itu kelewat batas atau tidak mendidik dan sejenisnya.

Tapi sekali lagi, meski De Nada dianggap kontroversial, tapi dari sudut pandang musikalitas, JFlow, JEIA dan Denada sukses menghadirkan sebuah warna baru di dunia musik Tanah Air. Penasaran dengan video klipnya? Simak di bawah ini..


Video by: JFlow Official

(kpl/gtr)

More Update

MORE